Jumat, 11 November 2011

RPP IPS KLS VIII/I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 1)


Sekolah                         :    SMPN 15 Padang
Mata Pelajaran              :    IPS Terpadu
Kelas / Semester           :    VIII / I
Jumlah Pertemuan         :    2 x pertemuan
Tahun Pelajaran            :    2010 / 2011

1.      Standar Kompetensi
1.    Memahami permasalahan sosial yang berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk

2.      Kompetensi Dasar
1.1  Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk

3.      Indikator
1.    Menunjukkan  letak astronomis Indonesia (rasa ingin tahu, kreatif, mandiri)
2.    Menunjukkan  letak geografis Indonesia (rasa ingin tahu, kreatif, mandiri)
3.    Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia ( ras ingin tahu, kreatif)
4.    Menganalisis hubungan letak astronomis dengan iklim dan perubahan waktu di Indonesia (kratif, ingin tahu )
5.    Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di Indonesia(mandiri, ingin tahu)
6.    Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
7.    Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia ( kreatif)

4.      Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari seluruh rangkai proses pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
1.      Menunjukkan letak Indonesia secara astronomis.
2.    Menunjukkan letak Indonesia secara geografis
3.    Mengidentifikasi hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
4.    Mengidentifikasi hubungan posisi astronomis dengan iklim dan perbedaan waktu di Indonesia.
5.    Menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di Indonesia.
6.    Menyebutkan jenis flora dan fauna tipe Asia dan tipe Australia.
7.    Mengidentifikasi jenis-jenis tanah dan pemanfaatannya.

5.      Materi Pembelajaran
1.      Letak astronomis Indonesia.
Letak Astronomis adalah letak berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Letak Astronomis Indonesia 60 08’LU-11015’LS dan 94045’BT-141005’BT
2.      Letak geografis Indonesia.
Letak geografis adalah letak suatu wilayah atau daerah dilihat dari kenyataannya di bumi ( antara benua Asia dan benua Australia serta samudra Pasifik dan samudra Hindia)
3.      Hubungan posisi geografi dengan perubahan musim di Indonesia menyebabkan musim hujan dan musim kemarau
4.      Hubungan posisi astronomis dengan iklim dan perbedaan waktu di Indonesia.
-          Indonesia beriklim tropis
-          Indonesia memiliki 3 daerah waktu (WIB, WITA dan WIT)
5.      Proses perubahan musim :
- Kemarau : mei – oktober (dari Australia – Asia) menyebabkan angin muson Timur
- Hujan      : November – April ( Asia – Australia) menyebabkan  angin muson Barat
- Pancaroba atau peralihan : Maret – April ( hujan – kemarau)
                                                  - September – Oktober ( kemarau – Hujan )

6.    Persebaran flora dan fauna tipe Asia dan tipe Australia dan kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
- Jenis flora dan fauna Indonesia
a.  Tipe Asia ( fauna bagian Barat)
b. Tipe Australia (fauna bagian Timur)
c. Tipe Peralihan (fauna bagian Tengah)
- Antara daerah fauna Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian tengah dibatasi oleh garis Wallace
- Antara daerah fauna Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian tengah dibatasi oleh garis Weber
7.    Persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia.
Jenis-jenis tanah dan pemanfaatannya
·         Vulkanis kegunaanya untuk lahan pertanian, perkebunan, hutan pinus
·         Alluvial kegunaanya untuk lahan pertanian, sawah, palawija
·         Humus kegunaanya untuk lahan pertanian
·         Litosol kegunaanya untuk lahan hutan
·         Regosol kegunaanya untuk lahan untuk pertanian padi, palawija, tebu, kelapa
·         Grumosol kegunaanya untuk lahan untuk pertanian padi, tebu

6.      Alokasi Waktu
Tatap Muka
Alokasi Waktu
Penugasan Terstruktur/KMTT
Alokasi Waktu
Kondisi fisik wilayah dan penduduk Indonesia dengan membaca buku sumber, Tanya jawab, penugasan, serta pembelajaran langsung
4 jp (4 x 40 = 160 menit)
1.      Jelaskan hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia
2.      Tuliskan masing-masing 3 fauna tipe Asiatis, peralihan dan australiatis
3.      Buatlah peta wilayah Indonesia berdasarkan letak astronomis dan geografis
40% 160 menit = 64 menit

7.      Metode Pembelajaran
1.      Ceramah bervariasi
2.      Diskusi
3.      Tanya jawab
4.      Penugasan


8.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
1.      Pendahuluan : (10’)
a)      Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. (NK: bersih dan rapi)
b)      Berdoa dan absensi (NK: religious, tanggungjawab dan disiplin)
c)      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. (NK: tanggungjawab)

2.      Kegiatan Inti : (60’)
A)    EKSPLORASI
Dalam tahap ini, guru:
1.      Peserta didik dibagi 4 kelompok (NK: tanggungjawab, kerjasama, kreatifitas, kerja keras, disiplin, toleransi, demokrasi)
2.      Setiap kelompok diberikan tugas sebagai berikut :
-          Kelompok I membahas tentang letak geografis
-          Kelompok II membahas tentang letak astronomis
-          Kelompok III membahas tentang hubungan letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia
-          Kelompok IV membahas tentang penyebab terjadinya perubahan musim di Indonesia
B)    ELABORASI
1.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas (NK: kreatif, kerja keras, mandiri, tanggungjawab)
2.      Tanya jawab antara pendidik dengan peserta didik (NK: rasa ingin tahu)
C)    KONFIRMASI
a)      Memberikan penguatan atau penekanan dalam bentuk lisan dan tertulis, maupun pujian terhadap keberhasilan siswa (NK: tanggungjawab)
b)      Memberikan konfirmasi terhadap hasil elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.

3.      Penutup : (10’)
a)      Menyimpulkan materi bersama peserta didik
b)      Memberikan tugas membuat peta Indonesia.

Pertemuan II
1.      Pendahuluan : (10’)
a)      Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. (NK: bersih dan rapi)
b)      Berdoa dan absensi (NK: religious, tanggungjawab dan disiplin)
c)      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. (NK: tanggungjawab)

2.      Kegiatan Inti : (60’)
A)    EKSPLORASI
Dalam tahap ini, pendidik:
1)      Dengan mengamati peta, peserta didik mampu menunjukkan batas wilayah pengelompokan flora dan fauna menurut Wallacea dan Weber. (NK: rasa ingin tahu)
2)      Pendidik menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna. (NK: tanggungjawab)
3)      Peserta didik diskusi dengan teman sebangkunya tentang : (NK: kerjasama, toleransi, komunikatif)
-          Perbedaan jenis tanah antar daerah
-          Persebaran tanah dan pemanfaatannya

B)    ELABORASI
1.      Tanya jawab antara pendidik dengan peserta didik (NK: rasa ingin tahu, dan kreatif)
C)    KONFIRMASI
a)      Memberikan penguatan atau penekanan dalam bentuk lisan dan tertulis, maupun pujian terhadap keberhasilan siswa (NK: tanggungjawab)
b)      Memberikan konfirmasi terhadap hasil elaborasi siswa melalui berbagai sumber.

3.      Penutup : (10’)
a.       Menyimpulkan materi bersama peserta didik
b.      Refleksi akhir

9.      Penilaian
1.      Teknik            : tes tertulis
2.      Bentuk           : uraian

Instrumen / Soal :
1.    Jelaskanlah yang dimaksud dengan letak geografis! Dan tuliskan  posisi geografis Indonesia!
2.    Jelaskanlah yang dimaksud dengan letak astronomis dan tuliskan posisi astronomis Indonesia!
3.      Tuliskanlah kaitan letak astronomis dengan pembagian waktu di Indonesia!
4.    Tuliskanlah kapan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di Indonesia!
5.      Tuliskanlah 4 contoh fauna tipe Asia!
6.      Tuliskan 2 faktor penyebab perbedaan jenis tanah di Indonesia.

Kunci Jawaban :
1.    Letak geografis yaitu letak suatu wilayah terhadap benua-benua dan samudra yang ada disekitarnya.
Posisi geografis Indonesia yaitu diantara 2 benua (Asia dan Australia) dan 2 samudra (Pasifik dan Hindia)
2.      Letak astronomis yaitu letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur.
Posisi astronomis Indonesia yaitu :
                        60         LU       -           110       LS
                        950       BT       -           1410     BT
3.      Dengan letak astronomis mengakibatkan di Indonesia terdapat 3 pembagian daerah waktu, yaitu WIB, WITA, dan WIT.
4.      Musim hujan berlangsung dari bulan Oktober s/d April
Musim kemarau berlangsung dari bulan April s/d Oktober
5.      Contoh fauna tipe Asia :
-          Gajah
-          Harimau
-          Badak
-          Orang utan
6.      Faktor penyebab perbedaan jenis tanah di Indonesia
1.      Batuan induk yang berbeda
2.      Curah hujan yang berbeda

10.  Skor Penilaian
No_Soal
Skor
1
2
3
4
5
6
0 – 2
0 – 2
0 – 1
0 – 2
0 – 4
0 – 2
Skor Maximal
13



11.  Sumber Pembelajaran
1.      Buku Khazanah Ilmu Pengetahuan Sosial SMP kelas VIII
2.      Buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP kelas VIII BSE
3.      Buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP kelas VIII Erlangga
4.      Buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP kelas VIII Yudhistira
5.      Peta dan Atlas
6.      Google map


Mengetahui :                                                                                                                                                                                                                                                        Padang,    November 2011
Guru Mata Pelajaran / Pamong                                               Mahasiswa PL
           




Asnel Yudarti, S.Pd                                                                Sandri Yeni
            NPP : 195508251979042001














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 2)


Sekolah                         :    SMPN 15 Padang
Mata Pelajaran              :    IPS Terpadu
Kelas / Semester           :    VIII / I
Jumlah Pertemuan         :    2 x pertemuan
Tahun Pelajaran            :    2011 / 2012

1.      Standar Kompetensi
1.      Memahami permasalahan sosial yang berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk

2.      Kompetensi Dasar
1.2.Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
3.      Indikator
1.      Menyebutkan pengertian penduduk (rasa ingin tahu)
2.      Mengidentifikasi factor yang mempengaruhi pertumbuhan (kreatif, ingin tahu)
3.      Mendeskripsikan arti dan ukuran angka kelahiran dan angka kematian (ingin tahu, rasa tanggung jawab)
4.      Mengidentifikasi factor-faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian (kreatif, ingin tahu)
5.      Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia (rasa ingin tahu, kreatif)
6.      Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduk (ingin tahu, rasa tanggung jawab)
7.      Mendeskripsikan angka perbandingan laki-laki, perempuan (sex Ratio) dan beban ketergantungan serta mengartikan angka tersebut (ingin tahu, rasa tanggung jawab)
8.      Mengartikan angka usia harapan hidup (ingin tahu, rasa tanggung jawab)
9.      Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya (kreatif, ingin tahu)
10.  Menyajikan informasi kependudukan dalam bentuk peta, tabel dan grafik
11.  Megidentifikasi jenis-jenis migrasi dan factor-faktor penyebabnya (kreatif, ingin tahu)
12.  Menganalisis Dampak Positif dan Negatif migrasi serta usaha penaggulangannya (kreatif, ingin tahu)

4.      Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari seluruh rangkai proses pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
1.      Menyebutkan pengertian penduduk
2.      Mengidentifikasi factor yang mempengaruhi pertumbuhan
3.      Mendeskripsikan arti dan ukuran angka kelahiran dan angka kematian
4.      Mengidentifikasi factor-faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian
5.      Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia
6.      Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduk
7.      Mendeskripsikan angka perbandingan laki-laki, perempuan (sex Ratio) dan beban ketergantungan serta mengartikan angka tersebut
8.      Mengartikan angka usia harapan hidup
9.      Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya
10.  Menyajikan informasi kependudukan dalam bentuk peta, tabel dan grafik
11.  Megidentifikasi jenis-jenis migrasi dan factor-faktor penyebabnya
12.  Menganalisis Dampak Positif dan Negatif migrasi serta usaha penaggulangannya


5.      Materi Pembelajaran
8.      Letak astronomis Indonesia.
Letak Astronomis adalah letak berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Letak Astronomis Indonesia 60 08’LU-11015’LS dan 94045’BT-141005’BT
9.      Letak geografis Indonesia.
Letak geografis adalah letak suatu wilayah atau daerah dilihat dari kenyataannya di bumi ( antara benua Asia dan benua Australia serta samudra Pasifik dan samudra Hindia)
10.  Hubungan posisi geografi dengan perubahan musim di Indonesia menyebabkan musim hujan dan musim kemarau
11.  Hubungan posisi astronomis dengan iklim dan perbedaan waktu di Indonesia.
-          Indonesia beriklim tropis
-          Indonesia memiliki 3 daerah waktu (WIB, WITA dan WIT)
12.  Proses perubahan musim :
- Kemarau : mei – oktober (dari Australia – Asia) menyebabkan angin muson Timur
- Hujan      : November – April ( Asia – Australia) menyebabkan  angin muson Barat
- Pancaroba atau peralihan : Maret – April ( hujan – kemarau)
                                                  - September – Oktober ( kemarau – Hujan )

13.                        Persebaran flora dan fauna tipe Asia dan tipe Australia dan kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
- Jenis flora dan fauna Indonesia
a.  Tipe Asia ( fauna bagian Barat)
b. Tipe Australia (fauna bagian Timur)
c. Tipe Peralihan (fauna bagian Tengah)
- Antara daerah fauna Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian tengah dibatasi oleh garis Wallace
- Antara daerah fauna Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian tengah dibatasi oleh garis Weber
14.                        Persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia.
Jenis-jenis tanah dan pemanfaatannya
·         Vulkanis kegunaanya untuk lahan pertanian, perkebunan, hutan pinus
·         Alluvial kegunaanya untuk lahan pertanian, sawah, palawija
·         Humus kegunaanya untuk lahan pertanian
·         Litosol kegunaanya untuk lahan hutan
·         Regosol kegunaanya untuk lahan untuk pertanian padi, palawija, tebu, kelapa
·         Grumosol kegunaanya untuk lahan untuk pertanian padi, tebu

6.      Alokasi Waktu
Tatap Muka
Alokasi Waktu
Penugasan Terstruktur/KMTT
Alokasi Waktu
Kondisi fisik wilayah dan penduduk Indonesia dengan membaca buku sumber, Tanya jawab, penugasan, serta pembelajaran langsung
4 jp (4 x 40 = 160 menit)
4.      Jelaskan hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia
5.      Tuliskan masing-masing 3 fauna tipe Asiatis, peralihan dan australiatis
6.      Buatlah peta wilayah Indonesia berdasarkan letak astronomis dan geografis
40% 160 menit = 64 menit

7.      Metode Pembelajaran
5.      Ceramah bervariasi
6.      Diskusi
7.      Tanya jawab
8.      Penugasan


8.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
3.      Pendahuluan : (10’)
d)     Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. (NK: bersih dan rapi)
e)      Berdoa dan absensi (NK: religious, tanggungjawab dan disiplin)
f)       Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. (NK: tanggungjawab)

4.      Kegiatan Inti : (60’)
D)    EKSPLORASI
Dalam tahap ini, guru:
3.      Peserta didik dibagi 4 kelompok (NK: tanggungjawab, kerjasama, kreatifitas, kerja keras, disiplin, toleransi, demokrasi)
4.      Setiap kelompok diberikan tugas sebagai berikut :
-          Kelompok I membahas tentang letak geografis
-          Kelompok II membahas tentang letak astronomis
-          Kelompok III membahas tentang hubungan letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia
-          Kelompok IV membahas tentang penyebab terjadinya perubahan musim di Indonesia
E)     ELABORASI
4.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas (NK: kreatif, kerja keras, mandiri, tanggungjawab)
5.      Tanya jawab antara pendidik dengan peserta didik (NK: rasa ingin tahu)
F)     KONFIRMASI
c)      Memberikan penguatan atau penekanan dalam bentuk lisan dan tertulis, maupun pujian terhadap keberhasilan siswa (NK: tanggungjawab)
d)     Memberikan konfirmasi terhadap hasil elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.

6.      Penutup : (10’)
c)      Menyimpulkan materi bersama peserta didik
d)     Memberikan tugas membuat peta Indonesia.

Pertemuan II
4.      Pendahuluan : (10’)
d)     Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. (NK: bersih dan rapi)
e)      Berdoa dan absensi (NK: religious, tanggungjawab dan disiplin)
f)       Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. (NK: tanggungjawab)

5.      Kegiatan Inti : (60’)
D)    EKSPLORASI
Dalam tahap ini, pendidik:
4)      Dengan mengamati peta, peserta didik mampu menunjukkan batas wilayah pengelompokan flora dan fauna menurut Wallacea dan Weber. (NK: rasa ingin tahu)
5)      Pendidik menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna. (NK: tanggungjawab)
6)      Peserta didik diskusi dengan teman sebangkunya tentang : (NK: kerjasama, toleransi, komunikatif)
-          Perbedaan jenis tanah antar daerah
-          Persebaran tanah dan pemanfaatannya

E)     ELABORASI
2.      Tanya jawab antara pendidik dengan peserta didik (NK: rasa ingin tahu, dan kreatif)
F)     KONFIRMASI
c)      Memberikan penguatan atau penekanan dalam bentuk lisan dan tertulis, maupun pujian terhadap keberhasilan siswa (NK: tanggungjawab)
d)     Memberikan konfirmasi terhadap hasil elaborasi siswa melalui berbagai sumber.

6.      Penutup : (10’)
c.       Menyimpulkan materi bersama peserta didik
d.      Refleksi akhir

9.      Penilaian
3.      Teknik            : tes tertulis
4.      Bentuk           : uraian

Instrumen / Soal :
7.    Jelaskanlah yang dimaksud dengan letak geografis! Dan tuliskan  posisi geografis Indonesia!
8.    Jelaskanlah yang dimaksud dengan letak astronomis dan tuliskan posisi astronomis Indonesia!
9.      Tuliskanlah kaitan letak astronomis dengan pembagian waktu di Indonesia!
10.                        Tuliskanlah kapan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di Indonesia!
11.  Tuliskanlah 4 contoh fauna tipe Asia!
12.  Tuliskan 2 faktor penyebab perbedaan jenis tanah di Indonesia.

Kunci Jawaban :
7.    Letak geografis yaitu letak suatu wilayah terhadap benua-benua dan samudra yang ada disekitarnya.
Posisi geografis Indonesia yaitu diantara 2 benua (Asia dan Australia) dan 2 samudra (Pasifik dan Hindia)
8.      Letak astronomis yaitu letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur.
Posisi astronomis Indonesia yaitu :
                        60         LU       -           110       LS
                        950       BT       -           1410     BT
9.      Dengan letak astronomis mengakibatkan di Indonesia terdapat 3 pembagian daerah waktu, yaitu WIB, WITA, dan WIT.
10.  Musim hujan berlangsung dari bulan Oktober s/d April
Musim kemarau berlangsung dari bulan April s/d Oktober
11.  Contoh fauna tipe Asia :
-          Gajah
-          Harimau
-          Badak
-          Orang utan
12.  Faktor penyebab perbedaan jenis tanah di Indonesia
3.      Batuan induk yang berbeda
4.      Curah hujan yang berbeda

10.  Skor Penilaian
No_Soal
Skor
1
2
3
4
5
6
0 – 2
0 – 2
0 – 1
0 – 2
0 – 4
0 – 2
Skor Maximal
13



11.  Sumber Pembelajaran
7.      Buku Khazanah Ilmu Pengetahuan Sosial SMP kelas VIII
8.      Buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP kelas VIII BSE
9.      Buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP kelas VIII Erlangga
10.  Buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP kelas VIII Yudhistira
11.  Peta dan Atlas
12.  Google map


Mengetahui :                                                                                                                                                                                                                                                        Padang,    November 2011
Guru Mata Pelajaran / Pamong                                               Mahasiswa PL
           




Asnel Yudarti, S.Pd                                                                Sandri Yeni
            NPP : 195508251979042001






                                                                                                                                    

1 komentar:

  1. Wynn Casino and Resort in Las Vegas, Nevada - MapYRO
    Las 강원도 출장샵 Vegas, NV 89109. Find reviews and discounts 안동 출장안마 for AAA/AARP members, 속초 출장안마 seniors, long stays 안성 출장샵 & military. 제천 출장샵

    BalasHapus