RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 1)
Sekolah : SMPN 15 Padang
Mata Pelajaran : IPS Terpadu
Kelas / Semester : VIII / I
Jumlah Pertemuan : 2 x pertemuan
Tahun
Pelajaran : 2010 / 2011
1.
Standar Kompetensi
1.
Memahami permasalahan sosial yang
berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
2.
Kompetensi Dasar
1.1
Mendeskripsikan kondisi fisik
wilayah dan penduduk
3.
Indikator
1.
Menunjukkan letak astronomis Indonesia (rasa ingin tahu, kreatif, mandiri)
2.
Menunjukkan letak geografis Indonesia (rasa ingin tahu, kreatif, mandiri)
3.
Menganalisis hubungan posisi
geografis dengan perubahan musim di Indonesia ( ras ingin tahu, kreatif)
4.
Menganalisis hubungan letak
astronomis dengan iklim dan perubahan waktu di Indonesia (kratif, ingin tahu )
5.
Mengidentifikasi penyebab
terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan
musim kemarau di Indonesia(mandiri,
ingin tahu)
6.
Menyajikan informasi persebaran
flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah
Wallacea dan Weber.
7.
Mendeskripsikan persebaran jenis
tanah dan pemanfaatannya di Indonesia ( kreatif)
4.
Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari seluruh
rangkai proses pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
1.
Menunjukkan letak Indonesia secara
astronomis.
2.
Menunjukkan letak Indonesia secara
geografis
3.
Mengidentifikasi hubungan posisi
geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
4.
Mengidentifikasi hubungan posisi
astronomis dengan iklim dan perbedaan waktu di Indonesia.
5.
Menentukan bulan berlangsungnya
musim hujan dan musim kemarau di Indonesia.
6.
Menyebutkan jenis flora dan fauna
tipe Asia dan tipe Australia.
7.
Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
dan pemanfaatannya.
5.
Materi Pembelajaran
1.
Letak astronomis Indonesia.
Letak Astronomis adalah letak berdasarkan garis
lintang dan garis bujur. Letak Astronomis Indonesia 60 08’LU-11015’LS
dan 94045’BT-141005’BT
2.
Letak geografis Indonesia.
Letak geografis adalah letak
suatu wilayah atau daerah dilihat dari kenyataannya di
bumi ( antara benua Asia dan benua Australia serta samudra Pasifik dan samudra
Hindia)
3.
Hubungan posisi geografi dengan
perubahan musim di Indonesia menyebabkan musim hujan dan musim kemarau
4.
Hubungan posisi astronomis dengan iklim dan perbedaan waktu di Indonesia.
-
Indonesia
beriklim tropis
-
Indonesia
memiliki 3 daerah waktu (WIB, WITA dan WIT)
5.
Proses perubahan musim :
- Kemarau : mei – oktober (dari Australia – Asia)
menyebabkan angin muson Timur
- Hujan :
November – April ( Asia – Australia) menyebabkan angin muson Barat
-
Pancaroba atau peralihan : Maret – April ( hujan – kemarau)
- September – Oktober ( kemarau – Hujan
)
6.
Persebaran flora dan fauna tipe
Asia dan tipe Australia dan kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan
Weber.
- Jenis flora dan fauna Indonesia
a.
Tipe Asia ( fauna bagian Barat)
b. Tipe Australia (fauna bagian Timur)
c. Tipe Peralihan (fauna bagian Tengah)
- Antara daerah
fauna Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian tengah dibatasi oleh garis
Wallace
- Antara daerah
fauna Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian tengah dibatasi oleh garis
Weber
7.
Persebaran jenis tanah dan
pemanfaatannya di Indonesia.
Jenis-jenis tanah dan pemanfaatannya
·
Vulkanis
kegunaanya untuk lahan pertanian, perkebunan, hutan pinus
·
Alluvial
kegunaanya untuk lahan pertanian, sawah, palawija
·
Humus
kegunaanya untuk lahan pertanian
·
Litosol
kegunaanya untuk lahan hutan
·
Regosol
kegunaanya untuk lahan untuk pertanian padi, palawija, tebu, kelapa
·
Grumosol
kegunaanya untuk lahan untuk pertanian padi, tebu
6.
Alokasi
Waktu
Tatap
Muka
|
Alokasi
Waktu
|
Penugasan
Terstruktur/KMTT
|
Alokasi
Waktu
|
Kondisi fisik wilayah dan
penduduk Indonesia dengan membaca buku sumber, Tanya jawab, penugasan, serta
pembelajaran langsung
|
4 jp (4 x 40 = 160 menit)
|
1.
Jelaskan hubungan posisi geografis
dengan perubahan musim di Indonesia
2.
Tuliskan masing-masing 3 fauna tipe
Asiatis, peralihan dan australiatis
3.
Buatlah peta wilayah Indonesia
berdasarkan letak astronomis dan geografis
|
40% 160 menit = 64 menit
|
7.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah bervariasi
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab
4.
Penugasan
8.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan I
1.
Pendahuluan : (10’)
a)
Menyiapkan
siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. (NK: bersih
dan rapi)
b)
Berdoa dan
absensi (NK: religious, tanggungjawab dan disiplin)
c)
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. (NK:
tanggungjawab)
2.
Kegiatan Inti : (60’)
A) EKSPLORASI
Dalam tahap ini,
guru:
1.
Peserta didik dibagi 4 kelompok (NK: tanggungjawab, kerjasama, kreatifitas,
kerja keras, disiplin, toleransi, demokrasi)
2.
Setiap kelompok diberikan tugas
sebagai berikut :
-
Kelompok I membahas tentang letak
geografis
-
Kelompok II membahas tentang letak
astronomis
-
Kelompok III membahas tentang
hubungan letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia
-
Kelompok IV membahas tentang
penyebab terjadinya perubahan musim di Indonesia
B) ELABORASI
1.
Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas (NK:
kreatif, kerja keras, mandiri, tanggungjawab)
2.
Tanya jawab antara pendidik dengan peserta didik (NK: rasa
ingin tahu)
C) KONFIRMASI
a) Memberikan penguatan atau penekanan dalam
bentuk lisan dan tertulis, maupun pujian terhadap keberhasilan siswa (NK:
tanggungjawab)
b) Memberikan konfirmasi terhadap hasil elaborasi peserta
didik melalui berbagai sumber.
3.
Penutup : (10’)
a)
Menyimpulkan
materi bersama peserta didik
b)
Memberikan tugas membuat peta
Indonesia.
Pertemuan II
1.
Pendahuluan : (10’)
a) Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran. (NK: bersih dan rapi)
b) Berdoa dan absensi (NK: religious,
tanggungjawab dan disiplin)
c)
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. (NK:
tanggungjawab)
2. Kegiatan Inti : (60’)
A) EKSPLORASI
Dalam
tahap ini, pendidik:
1)
Dengan mengamati peta, peserta
didik mampu menunjukkan batas wilayah pengelompokan flora dan fauna menurut
Wallacea dan Weber. (NK: rasa
ingin tahu)
2)
Pendidik menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna. (NK: tanggungjawab)
3)
Peserta didik diskusi dengan teman
sebangkunya tentang : (NK:
kerjasama, toleransi, komunikatif)
-
Perbedaan jenis tanah antar daerah
-
Persebaran tanah dan
pemanfaatannya
B) ELABORASI
1. Tanya jawab antara pendidik dengan peserta
didik (NK: rasa ingin tahu, dan kreatif)
C) KONFIRMASI
a) Memberikan penguatan atau penekanan dalam
bentuk lisan dan tertulis, maupun pujian terhadap keberhasilan siswa (NK:
tanggungjawab)
b) Memberikan konfirmasi terhadap hasil elaborasi
siswa melalui berbagai sumber.
3.
Penutup : (10’)
a.
Menyimpulkan
materi bersama peserta didik
b.
Refleksi akhir
9.
Penilaian
1.
Teknik : tes tertulis
2.
Bentuk : uraian
Instrumen / Soal :
1.
Jelaskanlah yang dimaksud dengan
letak geografis! Dan tuliskan posisi
geografis Indonesia!
2.
Jelaskanlah yang dimaksud dengan
letak astronomis dan tuliskan posisi astronomis Indonesia!
3.
Tuliskanlah kaitan letak
astronomis dengan pembagian waktu di Indonesia!
4.
Tuliskanlah kapan berlangsungnya
musim hujan dan musim kemarau di Indonesia!
5.
Tuliskanlah 4 contoh fauna tipe
Asia!
6.
Tuliskan 2 faktor penyebab
perbedaan jenis tanah di Indonesia.
Kunci Jawaban :
1.
Letak geografis yaitu letak suatu
wilayah terhadap benua-benua dan samudra yang ada disekitarnya.
Posisi geografis Indonesia yaitu diantara 2 benua (Asia dan Australia)
dan 2 samudra (Pasifik dan Hindia)
2.
Letak astronomis yaitu letak suatu
wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur.
Posisi astronomis Indonesia yaitu :
60 LU -
110 LS
950 BT -
1410 BT
3.
Dengan letak astronomis
mengakibatkan di Indonesia terdapat 3 pembagian daerah waktu, yaitu WIB, WITA,
dan WIT.
4.
Musim hujan berlangsung dari bulan
Oktober s/d April
Musim kemarau berlangsung dari bulan April s/d Oktober
5.
Contoh fauna tipe Asia :
-
Gajah
-
Harimau
-
Badak
-
Orang utan
6.
Faktor penyebab perbedaan jenis
tanah di Indonesia
1.
Batuan induk yang berbeda
2.
Curah hujan yang berbeda
10.
Skor Penilaian
No_Soal
|
Skor
|
1
2
3
4
5
6
|
0 – 2
0 – 2
0 – 1
0 – 2
0 – 4
0 – 2
|
Skor Maximal
|
13
|
11.
Sumber Pembelajaran
1.
Buku Khazanah Ilmu Pengetahuan Sosial SMP kelas VIII
2.
Buku Ilmu
Pengetahuan Sosial SMP kelas VIII BSE
3.
Buku Ilmu
Pengetahuan Sosial SMP kelas VIII Erlangga
4.
Buku Ilmu
Pengetahuan Sosial SMP kelas VIII Yudhistira
5.
Peta dan Atlas
6.
Google map
Mengetahui : Padang, November 2011
Guru Mata Pelajaran / Pamong
Mahasiswa PL
Asnel Yudarti,
S.Pd Sandri
Yeni
NPP
: 195508251979042001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 2)
Sekolah : SMPN 15 Padang
Mata Pelajaran : IPS Terpadu
Kelas / Semester : VIII / I
Jumlah Pertemuan : 2 x pertemuan
Tahun
Pelajaran : 2011 / 2012
1.
Standar Kompetensi
1.
Memahami permasalahan sosial yang
berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
2.
Kompetensi Dasar
1.2.Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan
upaya penanggulangannya
3.
Indikator
1.
Menyebutkan
pengertian penduduk (rasa ingin tahu)
2.
Mengidentifikasi factor yang mempengaruhi pertumbuhan (kreatif, ingin tahu)
3.
Mendeskripsikan arti dan ukuran
angka kelahiran dan angka kematian
(ingin tahu, rasa tanggung jawab)
4.
Mengidentifikasi factor-faktor
pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian (kreatif, ingin tahu)
5.
Membandingkan tingkat kepadatan
penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia (rasa ingin tahu, kreatif)
6.
Mendeskripsikan kondisi penduduk
Indonesia berdasarkan piramida penduduk (ingin tahu, rasa tanggung jawab)
7.
Mendeskripsikan angka perbandingan laki-laki,
perempuan (sex Ratio) dan beban ketergantungan serta mengartikan angka tersebut (ingin tahu, rasa tanggung jawab)
8.
Mengartikan angka usia harapan
hidup (ingin tahu, rasa tanggung
jawab)
9.
Mendeskripsikan berbagai dampak
ledakan penduduk dan upaya mengatasinya (kreatif, ingin tahu)
10.
Menyajikan informasi kependudukan
dalam bentuk peta, tabel dan grafik
11.
Megidentifikasi jenis-jenis
migrasi dan factor-faktor penyebabnya (kreatif, ingin tahu)
12.
Menganalisis Dampak Positif dan
Negatif migrasi serta usaha penaggulangannya (kreatif, ingin tahu)
4.
Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari seluruh
rangkai proses pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
1.
Menyebutkan
pengertian penduduk
2.
Mengidentifikasi factor yang mempengaruhi pertumbuhan
3.
Mendeskripsikan arti dan ukuran
angka kelahiran dan angka kematian
4.
Mengidentifikasi factor-faktor
pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian
5.
Membandingkan tingkat kepadatan
penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia
6.
Mendeskripsikan kondisi penduduk
Indonesia berdasarkan piramida penduduk
7.
Mendeskripsikan angka perbandingan laki-laki,
perempuan (sex Ratio) dan beban ketergantungan serta mengartikan angka tersebut
8.
Mengartikan angka usia harapan
hidup
9.
Mendeskripsikan berbagai dampak
ledakan penduduk dan upaya mengatasinya
10.
Menyajikan informasi kependudukan
dalam bentuk peta, tabel dan grafik
11.
Megidentifikasi jenis-jenis
migrasi dan factor-faktor penyebabnya
12.
Menganalisis Dampak Positif dan
Negatif migrasi serta usaha penaggulangannya
5.
Materi Pembelajaran
8.
Letak astronomis Indonesia.
Letak Astronomis adalah letak berdasarkan garis
lintang dan garis bujur. Letak Astronomis Indonesia 60 08’LU-11015’LS
dan 94045’BT-141005’BT
9.
Letak geografis Indonesia.
Letak geografis adalah letak
suatu wilayah atau daerah dilihat dari kenyataannya di
bumi ( antara benua Asia dan benua Australia serta samudra Pasifik dan samudra
Hindia)
10.
Hubungan posisi geografi dengan
perubahan musim di Indonesia menyebabkan musim hujan dan musim kemarau
11.
Hubungan posisi astronomis dengan iklim dan perbedaan waktu di Indonesia.
-
Indonesia
beriklim tropis
-
Indonesia
memiliki 3 daerah waktu (WIB, WITA dan WIT)
12.
Proses perubahan musim :
- Kemarau : mei – oktober (dari Australia – Asia)
menyebabkan angin muson Timur
- Hujan :
November – April ( Asia – Australia) menyebabkan angin muson Barat
-
Pancaroba atau peralihan : Maret – April ( hujan – kemarau)
- September – Oktober ( kemarau – Hujan
)
13.
Persebaran flora dan fauna tipe
Asia dan tipe Australia dan kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan
Weber.
- Jenis flora dan fauna Indonesia
a.
Tipe Asia ( fauna bagian Barat)
b. Tipe Australia (fauna bagian Timur)
c. Tipe Peralihan (fauna bagian Tengah)
- Antara daerah
fauna Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian tengah dibatasi oleh garis
Wallace
- Antara daerah
fauna Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian tengah dibatasi oleh garis
Weber
14.
Persebaran jenis tanah dan
pemanfaatannya di Indonesia.
Jenis-jenis tanah dan pemanfaatannya
·
Vulkanis
kegunaanya untuk lahan pertanian, perkebunan, hutan pinus
·
Alluvial
kegunaanya untuk lahan pertanian, sawah, palawija
·
Humus
kegunaanya untuk lahan pertanian
·
Litosol
kegunaanya untuk lahan hutan
·
Regosol
kegunaanya untuk lahan untuk pertanian padi, palawija, tebu, kelapa
·
Grumosol
kegunaanya untuk lahan untuk pertanian padi, tebu
6.
Alokasi
Waktu
Tatap
Muka
|
Alokasi
Waktu
|
Penugasan
Terstruktur/KMTT
|
Alokasi
Waktu
|
Kondisi fisik wilayah dan
penduduk Indonesia dengan membaca buku sumber, Tanya jawab, penugasan, serta
pembelajaran langsung
|
4 jp (4 x 40 = 160 menit)
|
4.
Jelaskan hubungan posisi geografis
dengan perubahan musim di Indonesia
5.
Tuliskan masing-masing 3 fauna tipe
Asiatis, peralihan dan australiatis
6.
Buatlah peta wilayah Indonesia
berdasarkan letak astronomis dan geografis
|
40% 160 menit = 64 menit
|
7.
Metode Pembelajaran
5.
Ceramah bervariasi
6.
Diskusi
7.
Tanya jawab
8.
Penugasan
8.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan I
3.
Pendahuluan : (10’)
d)
Menyiapkan
siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. (NK: bersih
dan rapi)
e)
Berdoa dan
absensi (NK: religious, tanggungjawab dan disiplin)
f)
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. (NK:
tanggungjawab)
4.
Kegiatan Inti : (60’)
D) EKSPLORASI
Dalam tahap ini,
guru:
3.
Peserta didik dibagi 4 kelompok (NK: tanggungjawab, kerjasama, kreatifitas,
kerja keras, disiplin, toleransi, demokrasi)
4.
Setiap kelompok diberikan tugas
sebagai berikut :
-
Kelompok I membahas tentang letak
geografis
-
Kelompok II membahas tentang letak
astronomis
-
Kelompok III membahas tentang
hubungan letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia
-
Kelompok IV membahas tentang
penyebab terjadinya perubahan musim di Indonesia
E) ELABORASI
4.
Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas (NK:
kreatif, kerja keras, mandiri, tanggungjawab)
5.
Tanya jawab antara pendidik dengan peserta didik (NK: rasa
ingin tahu)
F) KONFIRMASI
c) Memberikan penguatan atau penekanan dalam
bentuk lisan dan tertulis, maupun pujian terhadap keberhasilan siswa (NK:
tanggungjawab)
d) Memberikan konfirmasi terhadap hasil elaborasi
peserta didik melalui berbagai sumber.
6.
Penutup : (10’)
c)
Menyimpulkan
materi bersama peserta didik
d)
Memberikan tugas membuat peta
Indonesia.
Pertemuan II
4.
Pendahuluan : (10’)
d) Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran. (NK: bersih dan rapi)
e) Berdoa dan absensi (NK: religious,
tanggungjawab dan disiplin)
f)
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. (NK:
tanggungjawab)
5. Kegiatan Inti : (60’)
D) EKSPLORASI
Dalam
tahap ini, pendidik:
4)
Dengan mengamati peta, peserta
didik mampu menunjukkan batas wilayah pengelompokan flora dan fauna menurut
Wallacea dan Weber. (NK: rasa
ingin tahu)
5)
Pendidik menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna. (NK: tanggungjawab)
6)
Peserta didik diskusi dengan teman
sebangkunya tentang : (NK:
kerjasama, toleransi, komunikatif)
-
Perbedaan jenis tanah antar daerah
-
Persebaran tanah dan
pemanfaatannya
E) ELABORASI
2. Tanya jawab antara pendidik dengan peserta
didik (NK: rasa ingin tahu, dan kreatif)
F) KONFIRMASI
c) Memberikan penguatan atau penekanan dalam
bentuk lisan dan tertulis, maupun pujian terhadap keberhasilan siswa (NK:
tanggungjawab)
d) Memberikan konfirmasi terhadap hasil elaborasi
siswa melalui berbagai sumber.
6.
Penutup : (10’)
c.
Menyimpulkan
materi bersama peserta didik
d.
Refleksi
akhir
9.
Penilaian
3.
Teknik : tes tertulis
4.
Bentuk : uraian
Instrumen / Soal :
7.
Jelaskanlah yang dimaksud dengan
letak geografis! Dan tuliskan posisi
geografis Indonesia!
8.
Jelaskanlah yang dimaksud dengan
letak astronomis dan tuliskan posisi astronomis Indonesia!
9.
Tuliskanlah kaitan letak
astronomis dengan pembagian waktu di Indonesia!
10.
Tuliskanlah kapan berlangsungnya
musim hujan dan musim kemarau di Indonesia!
11.
Tuliskanlah 4 contoh fauna tipe
Asia!
12.
Tuliskan 2 faktor penyebab
perbedaan jenis tanah di Indonesia.
Kunci Jawaban :
7.
Letak geografis yaitu letak suatu
wilayah terhadap benua-benua dan samudra yang ada disekitarnya.
Posisi geografis Indonesia yaitu diantara 2 benua (Asia dan Australia)
dan 2 samudra (Pasifik dan Hindia)
8.
Letak astronomis yaitu letak suatu
wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur.
Posisi astronomis Indonesia yaitu :
60 LU -
110 LS
950 BT -
1410 BT
9.
Dengan letak astronomis
mengakibatkan di Indonesia terdapat 3 pembagian daerah waktu, yaitu WIB, WITA,
dan WIT.
10.
Musim hujan berlangsung dari bulan
Oktober s/d April
Musim kemarau berlangsung dari bulan April s/d Oktober
11.
Contoh fauna tipe Asia :
-
Gajah
-
Harimau
-
Badak
-
Orang utan
12.
Faktor penyebab perbedaan jenis
tanah di Indonesia
3.
Batuan induk yang berbeda
4.
Curah hujan yang berbeda
10.
Skor Penilaian
No_Soal
|
Skor
|
1
2
3
4
5
6
|
0 – 2
0 – 2
0 – 1
0 – 2
0 – 4
0 – 2
|
Skor Maximal
|
13
|
11.
Sumber Pembelajaran
7.
Buku Khazanah Ilmu Pengetahuan Sosial SMP kelas VIII
8.
Buku Ilmu
Pengetahuan Sosial SMP kelas VIII BSE
9.
Buku Ilmu
Pengetahuan Sosial SMP kelas VIII Erlangga
10.
Buku Ilmu
Pengetahuan Sosial SMP kelas VIII Yudhistira
11.
Peta dan Atlas
12.
Google map
Mengetahui : Padang, November 2011
Guru Mata Pelajaran / Pamong Mahasiswa PL
Asnel Yudarti,
S.Pd Sandri
Yeni
NPP
: 195508251979042001
Wynn Casino and Resort in Las Vegas, Nevada - MapYRO
BalasHapusLas 강원도 출장샵 Vegas, NV 89109. Find reviews and discounts 안동 출장안마 for AAA/AARP members, 속초 출장안마 seniors, long stays 안성 출장샵 & military. 제천 출장샵